Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mengoptimalkan Bakat Volly Di SDN Jati Semanu
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.506Keywords:
Voli, Sekolah Dasar, Bakat, ManajemenAbstract
. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi upaya sekolah dalam meningkatkan potensi bola voli melalui manajemen berbasis sekolah di SDN Jati Kapanewon Semanu. Manajemen berbasis sekolah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penerapan manajemen berbasis sekolah dilakukan dengan melibatkan seluruh warga sekolah dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah, termasuk orang tua. Setiap sekolah memiliki potensi yang perlu dikembangkan dan dimasukkan dalam kurikulum. Menarik untuk mendapatkan perhatian dan dukungan penuh untuk diwujudkan dalam bentuk manajemen berbasis sekolah dalam upaya peningkatan potensi sekolah. Pelaksanaan MBS akan menciptakan perubahan sekolah yang lebih baik, sehingga akan meningkatkan mutu dan kenyamanan warga sekolah. Peran sekolah, kepala sekolah, guru dan komite sudah cukup baik namun masih perlu ditingkatkan. Faktor yang menghambat MBS dalam meningkatkan bakat bola voli adalah jumlah siswa yang mulai berkurang dari tahun ke tahun yaitu pada tahun 2021 menjadi 68 siswa, tahun 2022 menjadi 62 siswa, dan tahun 2023 menjadi 54 siswa. siswa. Sehingga sulit untuk membentuk klub voli sekolah.
Downloads
References
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sdn Sungai Miai 5 Dan SDN Surgi Mufti 4 Di Banjarmasin. Al-Ulum : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.31602/alsh.v3i2.1196
Diaz, H. R. (2019). Penelitian. Edisi 2, Jakarta: Salemba Medika. _. 2016. Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pendekatan Praktisi. Edisi 4, Jakarta: Salemba Medika …. http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/576
Ervannudin, N., & Widodo, B. W. (2016). Desentralisasi Pendidikan dan Peran Aktif Masyarakat Menuju Pendidikan Berkualitas. JURNAL PENELITIAN, 10(1), 147. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1334
Fadhlyda, R., Erlamsyah, E., & Daharnis, D. (2016). Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Sawahlunto. Konselor, 3(3), 101. https://doi.org/10.24036/02014332991-0-00
Haryani, F. F., Sukarmin, S., Wahyuningsih, D., & Supurwoko, S. (2021). IMPLEMENTASI KOMPONEN-KOMPONEN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 204–211. https://doi.org/10.17977/um027v4i32021p204
Haryono, H. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri Sambirejo 01 Kabupaten Pati. Wawasan Pendidikan, 2(1), 207–216. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9562
Jufri, A. W. (2010). PENELITIAN TINDAKAN KELAS: ANTARA TEORI DAN PRAKTEK. Jurnal Pijar Mipa, 5(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v5i2.166
Lawotan, Y. E. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sd Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere. Jurnal Pendidikan, 7(2), 10–20. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.297
Nurachman, S. (2020). PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA TANGERANG. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 43–48. https://doi.org/10.21009/pip.341.5
Said, C. (2020). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 139–154. https://doi.org/10.24239/pdg.vol8.iss2.50
Siswanto, H. (2014). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA PENDIDIKAN MENENGAH. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 6(2), 127–135. https://doi.org/10.30957/konstruk.v6i2.29
Wekke, I. S. (2022). Menyelaraskan Dua Pendekatan, Kualitatif dan Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Agama Islam Kepemimpinan Transformatif. https://doi.org/10.21428/daa7bff7.050d7da6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ashidiq, Rahmat Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.