Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Antusias Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Taufik Hidayat SDN Ngeposari, Semanu
  • Rahmat Mulyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.507

Keywords:

Teknologi informasi dan komunikasi, antusiasme, efektivitas, desain pembelajaran kooperatif, dan metode pembelajaran.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui antusiasme siswa setelah menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi berupa laptop dan LCD proyektor di kelas V SDN Banyubening I Karangmojo Gunungkidul. Laptop dan LCD proyektor merupakan perangkat yang diyakini efektif dalam meningkatkan semangat siswa khususnya siswa sekolah dasar di pedesaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk memperoleh data. Melalui pendekatan ini diharapkan dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sehingga memudahkan peneliti untuk menarik kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. Hasil yang ingin dicapai dalam penelitian ini setelah menggunakan media laptop dan LCD proyektor diharapkan mampu meningkatkan semangat siswa dengan indikator: siswa tidak berbicara sendiri saat belajar, siswa tidak mengantuk saat belajar, siswa terlihat senang saat guru menggunakan media laptop dan LCD proyektor, siswa aktif selama pembelajaran, siswa antusias dalam belajar, dan siswa mudah memahami materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrianto, D., & Sitompul, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan Sikap Inovatif Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Teknologi InformasI & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1869

Amalia, I. (2020). Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 152–155. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.900

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40

Mudia Alti, R., Tipa Anasi, P., & Dkk. (2020). Media Pembelajaran (T. Putri Wahyuni, Ed.). Get Press.

Rahmadhani, D. D., Putri, I. C., Putri, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Salah Satu Pemanfaatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4904–4912. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1574

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437

Sunengsih, N., Syaodih, C., & H Soro, S. (2021). Implementasi Peraturan Menteri Agama tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kota Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 621–623. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.322

Supianti, I. I. (2018). Pemanfataan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.30653/003.201841.44

Wekke, I. S. (2022). Menyelaraskan Dua Pendekatan, Kualitatif dan Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Agama Islam Kepemimpinan Transformatif. https://doi.org/10.21428/daa7bff7.050d7da6

Widayati, A. N. I. (2012). Metode Mengajar Sebagai Strategi Dalam Mencapai Tujuan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v3i1.836

Zulpadli, Z. (2018). Perkembangan TIK, Globalisasi dan Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pengembangan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 1. https://doi.org/10.30998/prossnp

Downloads

Published

2023-06-17

How to Cite

Nur Taufik Hidayat, and Rahmat Mulyono. 2023. “Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Antusias Siswa Sekolah Dasar”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):650-58. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.507.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)