Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Antusias Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.507Keywords:
Teknologi informasi dan komunikasi, antusiasme, efektivitas, desain pembelajaran kooperatif, dan metode pembelajaran.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui antusiasme siswa setelah menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi berupa laptop dan LCD proyektor di kelas V SDN Banyubening I Karangmojo Gunungkidul. Laptop dan LCD proyektor merupakan perangkat yang diyakini efektif dalam meningkatkan semangat siswa khususnya siswa sekolah dasar di pedesaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk memperoleh data. Melalui pendekatan ini diharapkan dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sehingga memudahkan peneliti untuk menarik kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. Hasil yang ingin dicapai dalam penelitian ini setelah menggunakan media laptop dan LCD proyektor diharapkan mampu meningkatkan semangat siswa dengan indikator: siswa tidak berbicara sendiri saat belajar, siswa tidak mengantuk saat belajar, siswa terlihat senang saat guru menggunakan media laptop dan LCD proyektor, siswa aktif selama pembelajaran, siswa antusias dalam belajar, dan siswa mudah memahami materi pelajaran.
Downloads
References
Abrianto, D., & Sitompul, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan Sikap Inovatif Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Teknologi InformasI & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1869
Amalia, I. (2020). Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 152–155. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.900
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40
Mudia Alti, R., Tipa Anasi, P., & Dkk. (2020). Media Pembelajaran (T. Putri Wahyuni, Ed.). Get Press.
Rahmadhani, D. D., Putri, I. C., Putri, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Salah Satu Pemanfaatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4904–4912. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1574
Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437
Sunengsih, N., Syaodih, C., & H Soro, S. (2021). Implementasi Peraturan Menteri Agama tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kota Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 621–623. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.322
Supianti, I. I. (2018). Pemanfataan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.30653/003.201841.44
Wekke, I. S. (2022). Menyelaraskan Dua Pendekatan, Kualitatif dan Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Agama Islam Kepemimpinan Transformatif. https://doi.org/10.21428/daa7bff7.050d7da6
Widayati, A. N. I. (2012). Metode Mengajar Sebagai Strategi Dalam Mencapai Tujuan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v3i1.836
Zulpadli, Z. (2018). Perkembangan TIK, Globalisasi dan Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pengembangan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 1. https://doi.org/10.30998/prossnp
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Taufik Hidayat, Rahmat Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.