Evaluasi Kualitas Kompetensi Kepribadian Guru di Madrasah Aliyah Ummul Quro Al-Islami Bogor

Authors

  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abdul Hadad Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1375

Keywords:

Evaluasi, Kompetensi, Keperibadian Guru

Abstract

Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia dalam keberlangsungan kehidupan manusia. Oleh karnanya, pedidikan haruslah terencana dan terlaksana dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Metode kualitatif adalah langkah-langkah penelitian sosial untuk mendapatkan data deskriptif berupa kata-kata dan gambar. Berdasarkan hasil penelitian yang diteliti melalui wawancara bersama wakil bidang kurikulum dan guru kelas didapatkan informasi bahwa guru di Madrasah Aliah Ummul Quro Al-lslami memiliki kualitas kompetesi kepribadian yang cukup baik. Kompetensi tersebut sangat menunjang keberlangsungan proses penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Aliah Urnmul Quro Al-Islami. Kualitas kompetensi kepribadian yang dimiliki guru sudah relevan dan sesuai dengan visi misi MTs Ummul Quro Al-lslami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an Kemenag in word. Surat Al-Isra ayat 84, terjemahan 2019.

Arikunto, Suharisimi. 2002. Prosedur Penelitian Ilmiah. Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi, Suwandi, 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Tentang Guru dan Dosen.Jakarta: Balai Pustaka.

Febriana, Rina. 2020. Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, “Hubungan Motivasi Kerja Dan Suoervisi Kepala SekolahDengan Kinerja Guru SMP Negri Di Kecamatan Babahrot Aceh Barat Daya” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Volume 7, No.1, Februari 2019.

Koentjoroningrat, 1993, Metode Wawancara dalam Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Komponen kompetensi guru. http:lib.uin-malang.ac.id diunduh pada tanggal, 14 April 2022 pukul 09:10 WIB.

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: Pt Raja Grafindo.

Lexy J. Moleong, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2004. Kompetensi Dan Sertifikasi Gur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2007 Standar Kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mushaf, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetemsi Guru. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Suprihatiningrum. 2014. Guru Propesional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabete.

Susanto, Ratnawati – Yuli Asmi Rozali. 2020. Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik. Depok: Rajawali Pers.

Tafsir, Ahmad. 2002. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, dibawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram), Referensi: https://tafsirweb.com/1291-quran-surat-ali-imran-ayat-159.html diakses pada tgl 28 November 2020.

Taufik Nur Rahman, Wido Supraha, Abasa Mansur Tamam. “Evaluasi Kualitas Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan ( Studi Kasus di MA Ibnu Taimiyah )” Jurnal Rayah Al-Islam, Vol. 5, No. 2, Bogor: Oktober 2021.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-undang no 14 tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

https://tafsirweb.com/4688-quran-surat-al-isra-ayat-84. (tafsir ringkasan Kementrian Agama RI)

https://tafsirq.com/16-an-nahl/ayat-125#tafsir-quraish-shihab (tafsir ringkasan Kementrian Agama RI)

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Imas Kania Rahman, and Abdul Hadad. 2025. “Evaluasi Kualitas Kompetensi Kepribadian Guru Di Madrasah Aliyah Ummul Quro Al-Islami Bogor”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):955-64. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1375.

Issue

Section

Articles