Program Standarisasi Tahsin Tilawah di SMPIT Insantama Bogor

Authors

  • Rahmat Hidayat Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.414

Keywords:

Program, Standarisasi, Tahsin Tilawah

Abstract

Artikel ini mengulas tentang Program Standarisasi Tahsin Tilawah di SMPIT Insantama  Bogor. Seperti diketahui membaca Al-Qur’an adalah fardu ain untuk setiap orang dan banyak lembaga formal dan non formal menawarkan pembelajaran berbasis Al-Quran. Namun hal tersebut terlihat masih belum bisa memberikan lulusan peserta didik dengan kualitas bacaan yang baik sesuai pedoman yang diajarkan oleh agama. Salah satu dari cara belajar Al-Qur’an adalah dengan memperhatikan pelafalah hurufnya (tahsin tilawah). SMPIT Insantama adalah lembaga pendidikan formal yang mengusung pembelajaran Al-Qur’an di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalahkualitatif deskriptif  Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subyek penelitian yaitu seseorang atau sesuatu dimana objek penelitian tersebut berada.4 Subyek atau narasumber dari penelitian ini adalah kurikulum, penanggung jawab tahfidz, guru dan peserta didik yang kemudian dilakukan teknik keabsahan data dengan cara triangulasi dan data ditampilkan. Hasil dari penelitian ini adalah program standarisasi tahsin tilawah di SMPIT Insantama  telah berjalan dan termanajemen dengan baik terlihat dengan berjalannya program tahsin dari metode qiroati yang didalamnya memuat program standar tahapan qiroati. Namun ada beberapa faktor yang menjadi kendala saat pelaksanaan program standarisasi tersebut. Yaitu berasal dari faktor internal seperti  perbedaan kualifikasi guru pembimbing qiroati, durasi waktu yang tidak ideal dengan jumlah anak yang dibimbing dan faktor eksternal berupa kemampuan dan semangat peserta didik yang berbeda-beda, tidak adanya keterlibatan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an

Annuri, Ahmad. 2010. Panduan Tahsin tilawahAl-qur’ān dan ilmu Tajwid. Jakarta : pustaka Alkautsar, 2010.

Asy’ari, Abdullah. 1987. Pelajaran Tajwid. Surabaya: Appolo Lestari.

Bisri, Adib. Munawwir. 1999. Kamus Al-Bisri Indonesia-Arab Arab- Indonesia. Surabaya : Pustaka Progresif.

Fathoni, Ahmad. 2009. Petunjuk Praktis Tahsin Tartil Al’Quran Metode Maisura. Tanggerang Selatan : Yayasan Bengkel Metode Maisura.

Mahmud, Abdullah Muhammad. 2001. Metode Membaca, Menghapal, dan mentajwidkan Al-Qur’an Al-Karim. Jakarta: Laksana.

Perguruan Tinggi Al-Qur’an Metode Usmani (PTUQI). 2011. Materi Profesionalisme Guru Pengajar Al-Qur’an Metode Usmani. Blitar; LPQ PTQ MU.

Ramayulis. 2012. Metologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia,2012.

Tim Penyusun.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Published

2023-03-27

How to Cite

Rahmat Hidayat, and Imas Kania Rahman. 2023. “Program Standarisasi Tahsin Tilawah Di SMPIT Insantama Bogor”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):160-66. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.414.

Issue

Section

Articles