Kreatifitas Guru Memotivasi Siswa dalam Belajar Fiqih

Authors

  • Harianto Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ulil Amri Syafri Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmad Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.513

Keywords:

Belajar Fiqih, Motivasi, Kreatifitas Guru

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan meneliti dan mengkaji kreatifitas pendidik dan juga motivasi belajar fiqih  peserta didik. Metode penulisan artikel ini menggunakan pendekatan library research yaitu sebuah penelitian pustaka dimana dalam penelitian yang dilangsungkan memakai literatur (kepustakaan), yang berbentuk buku, jurnal, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Adapun hasil penelitian bahwa kreatifitas yang dapat dilakukan seorang pendidik  untuk  memotivasi peserta didik belajar fiqih diantaranya dengan metode diskusi (dalam menyelesaikan khilafiyah yaitu perbedaan pendapat dalam masalah tertentu), ceramah (dalam membahas teori seperti materi wudhu, shalat, puasa, haji dan lainnya), tanya jawab (dilakukan dengan materi yang telah dibahas), talqin ( strategi dalam hafalan doa maupun bacaan shalat dan lainnya), praktek uji coba (praktek gerakan wudhu, shalat, haji, mengurus jenazah dan lainnya). Adapun  keberhasilan dalam beragam metode ini juga dipengaruhi beragam hal yang di antaranya kejelasan sebuah tujuan untuk dijadikan pegangan semua komponen pendidikan, keberadaan pendidik yang ideal, peserta didik, aktifitas belajar, adanya bahan evaluasi dan kondisi evaluasi (dikelompokkan sesuai tingkat, jumlah dan disilang).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaelae, A., & Rofiq, A. (t.t.). Konsep Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih Kelas X Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di Madrasah Nahdhatul Islamiah, Thailand Selatan).

Badrus, M. (2018). Pengaruh motivasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(2), 143–152.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fahamsyah, F. (2019). Fikih Pemahaman Tekstual dan Kontekstual. Jurnal Al-Fawa’id: Jurnal Agama dan Bahasa, 9(1), 72–88.

Farida, N. (2021). Fungsi dan Aplikasi Motivasi dalam Pembelajaran. Education and Learning Journal, 2(2), 118. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.121

Hafidhuddin, D. (2021). Membangun Kemandirian Umat. UIKA Press: Bogor.

Hamalik, O. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Husnah, S. (2021). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Fikih di MAS Al-Maidah Kotasan Kec. Galang Kab. Deli Serdang [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Idrus L, I. L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), Article 2.

Lestari, W. P., & Afifah, D. R. (2016). Pengaruh Self Efficacy Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Smk Pgri 1 Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.25273/counsellia.v4i2.263

Majid, A. (2017). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maryono, M. (2022). Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Shaikh Al-Albāniy. Jurnal Al-Fawa’id: Jurnal Agama dan Bahasa, 12(1), 92–104.

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017), cet. Ke-13, h, 111.

Mufidah, Z., Azizah, N., & Saputra, E. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Fishbowl dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 67–79.

Najati, M. U. (2005). Psikologi dalam Al-Qur’an. Pustaka Setia.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Rofiq, M. A., Mahmud, M. E., & Musfiroh, I. A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Fiqih melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas V MI At Tarbiyah Loa Janan. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 109–129. https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2063

Saputro, oscar wardhana windro. (2022). Tujuan Pendidikan Islam Menurut Para Ulama Salafi:(shaikh ʾibn Bāz, ʾal-Albāniy Dan Ibn ʾal-ʿuthaimīn). STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya, 12(2), 205–224.

Sella Selviana, Didik Himmawan, & Naelul Muna. (2022). Metode Mind Mapping Untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i1.72

Shaleh, M., & Jamal, M. J. (2022). Kreativitas Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Dialektika Jurnal PAI IAIN Parepare, 1(1), Article 1.

Slameto, S. (2021). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Syah, M. (2021). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.

Syahrani, H. (t.t.). Published by: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya. 2.

Ulya, N. M. (2022). Studi Islam Berdasarkan Psikologis. 8(1), 237–250. https://doi.org/DOI: 10.31943/jurnal_risalah.v8i1.229

Published

2023-06-26

How to Cite

Harianto, Abas Mansur Tamam, Imas Kania Rahman, Ulil Amri Syafri, and Ahmad. 2023. “Kreatifitas Guru Memotivasi Siswa Dalam Belajar Fiqih”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):684-99. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.513.

Issue

Section

Articles