Program Pendidikan Adab untuk Panti Rehabilitasi Narkoba
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.759Keywords:
Program, Pendidikan dan AdabAbstract
Bahaya narkoba sudah menjadi ancaman bagi Bangsa Indonesia karena hasil survey yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama dengan pusat penelitian kesehatan Universitas Indonesia menunjukkan penyalahgunaan narkoba di 34 provinsi di Indonesia sebesar 1,77 persen dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 3,376,115 orang pada kelompok usia 10-59 tahun. Pihak BNNK menjelaskan, berdasarkan hasil survey tersebut jika kita hitung terdapat 12.000 orang meninggal dunia sia-sia setiap tahunya akibat penyalahgunaan narkoba atau rata-rata 32 orang setiap harinya.
Tujuan penelitian ini adalah pertama, membuat model program pendidikan adab untuk panti rehabilitasi narkoba. Penelitian ini menggunakan metodelogi research and development dengan model ADDIE yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Langkah awal dalam penelitian ini adalah menganalisa kebutuhan program pendidikan adab di panti rehabilitasi narkoba rumah singgah peka, panti rehabilitasi narkoba sekar mawar dan panti rehabilitasi inabah pondok pesantren suryalaya. Langkah kedua adalah membuat design program pendidikan adab untuk panti rehabilitasi narkoba yang mengacu pada teori PH Combs dengan 12 komponen pendidikan yaitu: tujuan dan prioritas, peserta didik, manajemen atau pengelolaan, struktur dan jadwal waktu, isi dan bahan pengajaran, guru dan pelaksanaan, alat bantu belajar, fasilitas, teknologi, pengawasan, penelitian dan biaya. Langkah ketiga adalah development yaitu pengembangan dengan uji validasi terhadap prototype awal kepada para ahli seperti ahli pendidikan, ahli adab dan ahli bahasa sehingga dihasilkan desain program prototype kedua. langkah keempat adalah Implementation yaitu uji coba terbatas kepada user panti rehabilitasi narkoba dengan melaksanakan focus group discussion dan langkah terakhir adalah evaluation dengan melakukan revisi terhadap prototype kedua berdasarkan masukan dari pengguna sehingga dihasilkan desain program prototype akhir.
Hasil dari penelitian ini adalah program pendidikan adab untuk panti rehabilitasi narkoba dengan konsep adab terhadap Allah, adab terhadap Rasulullah dan adab terhadap sesama makhluk Allah yang diharapkan dapat diterapkan dibeberapa panti rehabilitasi narkoba yang ada di Indonesia untuk membantu persoalan penyalahgunaan narkoba.
Downloads
References
al-lattas, naquib. (2003). filsafat dan praktik pendidikan islam syed m. Naquib al-attas. mizan.
al-lattas, N. (1984). Konsep Pendidikan Dalam Islam (1st ed.). mizan.
Al-Attas, M. N. (2014). Prolegomena to the methaphysics of islam (1st ed.). UTM Press.
Al-buthi, S. R. (2005). Perempuan Dalam Islam. Suluh Press.
Alim, A. (2014). Tafsir Pendidikan Islam. AMP Press.
Asari. (2000). Etika Akademis dalam Islam. UIN Syarif Hidayatullah.
Combs, P. (1968). The World Educational Crisis. Oxford University Press.
Dick, and C. (1996). The Systematic Dessign of Instuction,. Harper Collins Publishers.
Hasym Asy’ari. (1415). Adab al-alim wa al-muta’alim. Maktabah Turats Islamiy.
Ibn Jama’ah. (1983). Tadzkirah Al-Sami’ Wa Al-Mutakalimin fii Adab Al-A’lim Wa Al-Muta’alim. Dar Al-Basyair Al-Islamiyah.
Ibn Jama’ah. (2008). Tadzirah al-Sami’ wa al-Mutakallimin fii Adab al-A’lim wa Al-Muta’alim. Dar Al-Basyair Al-Islamiyah.
Ibn Katsir. (2002). Tafsir Ibn Katsir. Dar Al-Thaibah.
Ibn Qayyim. (1973). Madarij al-Salikin. Dar al-Kitab al-Arabi.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2020).
KBBI. (2020).
Langgulung, H. (1979). Falsafah pendidikan Islam Omar Mohammad Al-Toumy Asy-Syaibani. Bulan Bintang.
Maksum, A. (2009). Buku Ajar Mata Kuliah Metodolog Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya.
Malik, H. bin A. (2009). Al-A’laqah Baina al-Ilm wa al-Suluk. Jam’iah Muhammad Ibn Sa’ud.
Marimba, A. D. (1996). Pengantar filsafat pendidikan islam. Al-Ma'arif.
Maswar. (2015). Profil Antisipasi Siswa SMP/MTs dalam Memecahkan Masalah Aljabar ditinjau dari Kemampuan Matematika". Pasca Sarjana Unesa.
mubarak, abdullah bin al. (1991). Musnad abdullah bin al mubarak wa yalihi kitab al bir wa al shilah abdullah bin al mubarak. dar al kutub al ilmiyah.
Mulyatiningsih, E. (2012). Metodologi Penelitian Terapan. Alfabeta.
NARKOBA MUSUH BANGSA BANGSA (2nd ed.). (2007). Mitra Bintibmas.
Nasir, S. A. (1991). Pengantar ilmu kalam. rajawali.
Nuryanto, A. (2010). “Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan Islam (Perspektif Paedagogik Kritis).”
Prastowo, A. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. ar-RuzzMedia.
Qomar, M. (2013). Strategi Pendidikan Islam. Erlangga.
Ramayulis. (2015). DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN. KALAM MULIA.
ramayulis. (2015). dasar-dasar kependidikan: Suatu pengantar ilmu pendidikan. kalam mulia.
Sa’dudin Mansur, M. (2011). Usul al-Tarbiyyah Fii Al-Quran Al-Karim Wa Al-Sunnah Al-Nabawiyyah Al-Muthaharah. Paper Of International Seminar On Islamic Educatio Ibn Khaldun University.
sassi, komaruddin. (2021). Ontologi pendidikan islam paradigma tauhid syed muhammad naquib al-attas (2nd ed.). KENCANA.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Develpment. Alfabeta.
tafsir, ahmad. (2006). Filsafat pendidikan islam. PT remaja rosda karya.
Talib, A. A. (2018). Filsafat hermaneutika dan semiotika. LPP-mitra Edukasi.
Wan Daud. (1998). Filsafat dan praktik pendidikan Islam Syed M. Naquib al-Attas. MIZAN.
Zad Al-Masir. (n.d.).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Abdul Jabar, Wido Supraha, Imas Kania Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.