Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa

Authors

  • Ayu Lestari Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn khaldun Bogor

Keywords:

Konsep Diri, Perilaku Prokrastinasi

Abstract

Penelitian ini didorong oleh masalah perilaku prokrastinasi akademik yang dialami oleh siswa, yang menjadi fokus perhatian dalam konteks akademik. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat konsep diri siswa, tingkat prokrastinasi akademik siswa, dan hubungan konsep diri dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Kota Bogor dan populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI dengan jumlah 352 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 187 responden dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Dalam memperoleh sebuah data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan  kuisioner. Analisis persyaratan uji coba dan uji hipotesis merupakan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa; 1) Variabel konsep diri pada siswa kelas, diperoleh skor tertinggi yaitu 136 dan skor terendah yaitu 34. Dari perhitungan diperoleh hasil penelitian perhitungan berada pada interval 95-111, hal ini masuk dalam kategori sedang. 2) Variabel prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI, diperoleh skor tertinggi yaitu 100 dan skor terendah yaitu 24. Dari perhitungan diperoleh hasil penelitian perhitungan berada pada interval 0-62, hal ini masuk dalam kategori rendah. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan  antara konsep diri dengan perilaku prokrastinasi akademik kelas XI SMAN 6 Kota Bogor.  Hasil tersebut dapat dibuktikan secara statistik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,773 berhubungan signifikan secara positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, R. (2011). Perbedaan Konsep Diri Akademik Antara Siswa InternasionalBudi Mulia Dua Yogyakarta dan SMK Diponegoro Yogyakarta. Jurnal Psikologi Interaktif UIN Sunan Kalijaga , 37-44.

Desmita. (2004). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Priatna Putri,C,A, Gumiandari, S. (2022). Hubungan Konsep Diri dan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Edukasi Nonformal vol.3 no.2.

Khoirotun Chisan, F, Jannah,M. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik PadaSiswa Sekolah Menengah Atas . Character: Jurnal Penelitian Psikologi Volume 8 Nomor 5.

Andini, R., Syaimi, K. U., Muslim, U., & Al, N. (2022). ALACRITY : Journal Of Education. 2(1), 88–99.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Saiputri. (2017). Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 05 Tahun 2017 ISSN : AAAA-AAAA. 01(06), 1–10.

Talawi, S. (2022). Dengan Disiplin Belajar Pada Siswa Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi Universitas Medan Area Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Wiworo, S., & Indah, R. (2012). Konsep Diri , Stres , dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. 1(2), 114–121.

Buana, 1 wawan,A. S. (2022). Hubungan Efikasi Diri Dan Kecerdasan Emosional Dengan Prokrastinasi Akdemik Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah BK,5(1), 77-88.

M.Nur Ghufron, Rini Risnawita S. (2022). Teori-teori psikologi. Yogyakarta:Ar-ruzz media.

Gusti Jhoni Putra dan Usman. (2019). Konsep Diri pada Pasien Luka Kaki Diabetik. Sidoarjo: AksaraPublishing, CV. Kanaka Media.

Elfrianto., Lesmana. G. (2022 ). Metodologi Penelitian Pendidikan.Medan : UMSU Press.

Triyono, & Rifai, M. E. (2018). Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik (Kunthi Pratiwi (ed.)). CV Sindunata.

Asri, D. N., & Suharni. (2021). Modifikasi Perilaku: Teori Dan Penerapannya. In UNIPMA Press (Anggota IKAPI) (Issue Maret).

Ghufron, M. N., dan Risnawati, R. S. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Novita, L., & Sumiarsih. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan dirisiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda).

Sari, D. U., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri TerhadapKepercayaan Diri Mahasiswa Jurusan X Yang Sedang MenyelesaikanSkripsi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 08(03), 204-214.

Hasanah, U., Herawati, & Abdi, B. A. (2021). Early Adolescent Perspectives on the Role of the Father for Self-. Journal of Healthcare Tecnology and Medicine, 7(2).

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Ayu Lestari, and Imas Kania Rahman. 2025. “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):815-23. https://mail.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1411.

Issue

Section

Articles